Selasa, 22 September 2015

BINTANG


Gue Krisna. Umur gue udah 22 tahun, tapi gue masih aja ngedekem di semester 5. Temen-temen gue aja udah pada jarang keliatan di kampus. Mereka kebanyakan lagi pada magang ama ada beberapa yang udah mau skripsi. Kalo lu mikir gue oon atau males kuliah, lu salah besar. Gue punya otak yang lumayan dan masalah kuliah gue kagak pernah absen kalo bukan karena hal-hal yang urgent. Gue pernah ngalamin kecelakaan yang lumayan hebat pas masih awal kuliah yang bikin gue harus cuti kuliah setahun. Untungnya kagak ada yang parah dengan otak gue, jadi gue masih sehat dan gak ngalamin amnesia ykayak di sinetron – sinetron. Gue kuliah di jurusan sosiologi. Gue masuk jurusan ini biar kagak banyak itung-itungannya, gue alergi sama angka, hahahaaaaa.
Gue dikenal ketus dan dingin sama orang. Bahkan ada yang bilang gue sombong. Sebenernya gue gak gampang akrab aja sama orang baru. Tapi walau demikian masih banyak tuh cewek yang ngejar-ngejar gue. Bukannya sombong, kata orang gue keren, cakep, cool, dan segala rupa yang keren-keren. Gue bersyukur dianugerahi fisik yang oke, kulit sawo matang, wajah kece dan badang tinggi menjulang nan atletis. Maklum aja gue emang hobi renang dari kecil. Tapi sampai sekarang gue emang lebih betah ngejomblo, selain lebih bebas gue belum nemu aja sosok yang bisa bikin hati gue bergetar.
Sekarang gue lagi perjalanan dari kampong gue ke Bandung, tempat gue kuliah. Maklum liburan panjang udah kelar dan lusa kampus dah mulai buka lagi (lu kira warung makan). Sebenernya lusa masih ospek anak baru, tapi gue udah ditelpon sama ibu kos kalo ada anak baru yang mau kos di tempat gue, lebih tepatnya kamar gue. Sebenernya agak males juga, tapi katanya anak baru ini dari luar jawa dan sore ini nyampe kos sementara ibu kos gue lagi pergi ke hajatan sodaranya. Otomatis gue diminta nyambut tuh anak baru. Emang ibu kos paling sayang n percaya ama gue. Jadi pagi-pagi bener gue udah cabut biar gak terlalu sore nyampenya, sekalian biar bisa beres-beres kamar juga. Takutnya lama ditinggal udah jadi sarang setan.
“Uhhhh, akhirnya kelar juga”.
Kulirik jam udah menunjukkan angka 3 sore tapi si anak baru beulm juga nongol. Kosan juga masih lumayan sepi. Cuma ada sekitar 5 anak selain gue. Itupun semuanya anak baru kecuali satu anak yang gak begitu deket ama gue. Jadi gue kayak kambing congek gak ada temen ngobrol.
“Enakan ngorok dulu neh, moga-moga tuh anak masih lama datengnya”. Tapi baru juga mau buka pintu kamar udah ada bel aja. Bener-bener gak beruntung gue.
“Assalamu alaikum, benar ini kos Ibu Mirna?”.
“iya. Masuk” jawabku dingin.
“terima kasih mas”.
Kusilahkan dia duduk diruang tamu. Gue temeni dia, tapi gak gue ajak bicara. Tapi justru tuh anak yang banyak ngomong. Tanya inilah itulah, termasuk cerita kalo dia dapat kos ini dari kakak tingkatnya di SMA dulu yang kebetulan kuliah di Bandung tapi gak sekampus. Gue sih Cuma dengerin ja sama sesekali jawab pertanyaannya. Itupun gue jawab sekenanya dan berharap dia gak ngajak ngobrol lagi. Tapi justru dia makin semangat ngobrolnya, hmmmm. Dari situ juga gue tahu namanya, Bintang. Nama yang menurut gua kagak cocok banget dipake buat anak kuliahan, kayak anak emak.  Sebelum gue mati bosen dengerin ceritanya, mending gue ajak dia liat kamar.
“ini kamarnya, kasur yang deket tembok itu kasur lo sama lemarinya yang dipojokan itu” kataku sambil menunjuk ke lemari yang gue maksud.
“silahkan istirahat”. Cukup. Gue pergi ninggalin dia sebelum dia komen macem-macem lagi.
Malemnya gue sengaja pergi makan di warung yang lumayan jauh biar pulangnya agak maleman dan berharap pas pulang si Bintang udah tidur, biar dia gak nanya macem-macem lagi. Bener aja pas gue pulang jam 10an dia udah meringkuk menghadap tembok diranjangnya. Aman. Pikir gue.
 Udah seminggu ini si Bintang jalanin ospek dan selama itu juga gue gak pernah ngobrol sama dia. Pas gue bangun pasti dia udah berangkat, pas gue pulang dia pasti lagi ngerjain tugas ospek di depan sama temen-temen barunya. Baru pagi ini gue terlibat obrolan dengannya lagi. Itupun dia duluan yang nyapa.
“Bang, kuliah gak hari ini? Jam berapa? Bareng siapa?” tanyanya bertubi tubi.
“Jam 7. Sendiri” jawabku sambil ngubek-ubek lemari buat nyari baju.
“Wah kebetulan. Aku juga jam 7, kampusnya kan sama gedungnya juga sama. Boleh nebeng yah bang. Kiriman sepeda mtorku belum dating soalnya, boleh ya bang?” Ucapnya antusias.
Gue diem dan sekarang lagi sibuk make sempak. Sebelum gue make celana, gue liat dia masih aja mandangin gue sambil duduk di ranjangnya. Gue jadi rishi sendiri. Terpaksa gue balik badan gue,
“ngapain masih disini?” tanyaku ketus.
“nungguin abang lah. Tadi ditanya juga belum jawab, boleh gak aku nebeng?”
“iya. Sekarang keluar!”
“gitu dong, abang emang kakak tingkat yang baik. Makasih ya.” Sambil beranjak pergi. Hmmm, anak sok akrab banget sama gue. Dan yang lebih gue gak suka gue dipanggil abang, lu kira gue abang becak apa.
Selama perjalanan ngampus dia nyerocos melulu. Gue gak mau tau apa yang dia omongin, gue juga cuek aja pas ditanya berharap dia sadar dan berhenti nyerocos, tapi justru makin getol aja dia cerita. Pas mau nyampe parkiran dia bru berenti nyerocos. Belum jug ague ngelepas helm, dia udah nyerocos lagi
“Makasih bang, besok-besok boleh nebeng lagi ya. Oh ya kelasnya dimana bang? Lantai 2 atau lantai 3? Siapa tau aja aku bisa mampir ke kelas abang.”
“Gak usah sok akrab! Dan, gue gak suka dipanggil abang, gue bukan tukang becak”. Jawabku dengan nada tinggi.
“Maka dari itu aku manggil abang biar lebih akrab. Gak mungkin aku panggil sayang kan?” belum sempat aku jawab, dia udah ngacir aja ngejar temennya. Brengsek.
Sekarng dia malah makin berusaha mengakrabkan diri sama ge. Padahal segala bentuk makian, bentakan, hingga kata-kata kasar udah gue keluarin, tapi justru itu bikin dia makin kebal. Bahkan sekarang jadi sok manja dan perhatian gitu sama gue. Mulai dari ngerapiin tempat tidur gue, ngerapiin buku-buku gue yang berantakan sampai nyuciin baju gue.
“siapa suruh nyuci baju gue” semprotku suatu ketika. Dia lagi serius dengan bukunya sambil tiduran.
“aku gak nyaman kalo kamar kotor, berantakan, bisa jadi sarang penyakit” jawabnya dengan santainya sambil mebalok balik buku yang dipegangnya.
“ngapain gak pindah aja kalo gak nyaman?”
“ngapain pindah? Lebih gak nyaman lagi kalo gak sekamar sama abang”. Damn! Gue gak bisa ngomong apa-apa lagi. Antara kesel sama ada sedikit perasaan seneng bercampur. Lebih baik gue pergi daripada gue keliatan kayak orang dongo kalo tetep ada di kamar ini.
Kadang gue mikir gue aja yang pindah, tapi dilemma juga. Mau pindah kamar aja udah gak ada kamar kosong. Mau pindah kos gak enak sama ibu kos, soalnya udah dari pertama masuk gue kos disini, lagian juga ibu kos sayang banget sama gue. Belum lagi masalah bayar kos, gue udah bayar buat satu semester kedepan. Kalo gue pindah berarti gue harus rela puasa berbulan-bulan karena kiriman dari kampong gak bakalan nambah, malah omelan yang bakal gue terima dari bokap gue. Jadi terpaksa gue kuat kuatin aja.
Gak Cuma di kos aja dia berlaku kek gitu. Di kampus, di tempat gue biasa renang, dan dimanapun kalo dia ketemu gue. Pokoknya ada ja yang dia lakuin buat akrab sama gue. Pernah juga gue temuin ada botol air minum di tas gue pas gue latian renang, bukan masalah botolnya sih, Cuma ada kertas yang tertempel di botol itu yang bikin gue keder “SELAMAT LATIHAN ABANG, SEMANGAT YAH!!!”. Yang bikin tambah keder lagi, tulisan serupa juga muncul di sempak ganti atau celana renang gue selain buku-buku kuliah gue. Gue sempet mikir kapan Bintang masukin tulisan-tulisan begitu kedalam tas gue. Jujur aja gue udah gak bisa ngapa-ngapain lagi, mau marah percuma, capek di gue doing. Dia tuh pinter ngeles dan kalo udah nyerocos malah bikin tambah kacau. Jadi otomatis gue diemin aja.
Kadang kalo gue lagi ngelamun gue jadi ngerasa seneng juga ada yang perhatian sama gue. Si Bintang udah kayak kuman, semakin disemprot malah semakin kebal dan berevolusi caranya buat bikin ulah. Dan semenjak gue diemin, dia sekarang punya hobi baru. Dia suka nungguin gue ganti baju. Gue yang awalnya rishi lama-lama terbiasa juga. Toh sama-sama cowok, piker gue. Gue sebenernya ngerasa sih kalo dia kayaknya suka sama gue. Tapi gak mungkin gue ngomong ke dia, ntar malah diketawain dan di bilang geer. Sampai detik ini sih, gue masih fine-fine aja, selama dia gak macem-macem ke gue. Paling-paling Cuma ngagumin badan ggue, atau wajah gue. Bilang gue cakeplah, kerenlah, badan gue baguslah atau kalimat sejenisnya. Dan pasti gak pernah gue tanggepin.
Dan hal paling bikin gue terenyuh sama perhatiannya adalah pas gue sakit. Jadi saat itu gue ada observasi gitu buat tugas kuliaha. Gue udah janji sama narasumber pagi, tapi gue telat bangun dan gak sempet sarapan. Siangnya juga gak sempet makan Cuma minum air mineral doang. Sampai malem mau pulang malah keujanan dan gak pengen beli makan lagi. Pengennya cepet sampai rumah. Alhasil gue terkapar pas sampai rumah. Si Bintang cekatan banget ngerawat gue, mulai bantuin gue ganti baju, nyuapin makan, bela-belain ke apotek ujan-ujan, sampai ketiduran di samping ranjang gue. Kadang gue jadi mikir apa gue udah kelewatan yah juteknya sama dia. Semenjak itu itu gue mulai buka diri buat bersikap lebih baik sama ne bocah.
Mulai saat itu juga gue mencoba lebih lunak sama si Bintang. Perubahan sikap gue ini tentu disambut antusias sama ne bocah. Dia jadi makin lebay ngasih perhatian ke gue. Udah kayak pacar. Sms, telpon line, bbm, wa, dan segala jenis teknologi dia gunain buat ngasih perhatian ke gue. Di rumah dia udah kayak istri gue. Kadang gue ketawa sendiri juga liat pesan-pesannya dan kelakuannya. Dia udah gk ada urat malunya kayaknya. Gak tau kenapa justru karena kelebay-an dia itu yang bikin gue sering kangen kalo dia gak sms atau gak ada. Kerasanya sepi. Tapi yang jelas gue masih suka sama cewek Cuma sama ini bocah gue ngerasa beda, gue ngerasa nyaman dibanding sama cewek-cewek yang juga mulai deket dengan gue. Entahlah, gue ikuti aja jalan ini.
Sampai gue lulus, kita masih deket dan dia juga masih lebay ngasih perhatian ke gue. Gak pernah ada komitmen apa-apa diantara kita. Sekarang ini bahkan, tu bocah sedang ada disampingku. Tiduran manja dibahuku sambil cekikikan gak jelas. Bintang, terima kasih karenamu langitku tak gelap lagi.

Terinspirasi dari curahan hati seorang sahabat,terima kasih atas ceritanya kawan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar